Selasa, 26 Februari 2013

Sistem Administrasi Negara

Grand Theory of Public Administration (kuliah MK SANRI: Dr. Charles Tangkau MAP)


Pertama, pergeseran orientasi administrasi negara yang menekankan aktivitas negara menjadi oleh, dan untuk publik, dalam artian bahwa pendekatan tidak lagi kepada negara tetapi lebih kepada publik. (buttom Up).

Kedua, pertimbangan sejarah administrasi publik dalam berbagai literatur selalu digunakan Administrasi Publik bukan Administrasi Negara (administration state).

Ketiga, pertimbangan akademis itu sendiri yaitu jangan sampai berkembang bahsa interpretasi akademik yang hanya didasarkan oleh makna gabungan kata "administrasi" dan "publik", tetapi pengertian yang lebih mendalam tentang administrasi publik itu sendiri.

Keempat, pertimbangan bahwa penbahasannya lebih menekeankan kepada kepentingan publik. (menyesuaikan dengan perkembangan Teori).

Administrasi Publik dimaksudkan untuk lebih memahami hubungan pemerintah dengan publik serta meningkatkan responsibilitas kebijakan terhadap berbagai kebutuhan publik, dan juga melembagakan praktik-praktik manajerial agar terbiasa melakasanakan suatu kegiatan dengan efektif, efisien dan rasional.

KONSEP DAN PENGERTIAN ADMINISTRASI
  • Kata administrasi berasal dari dua kata ad dan ministrare, yang memiliki makna membantu atau memberikan jasa.
  • Pengertian/definisi administrasi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, proses, instumen dan wilayah pembahasannya.
  • Dwight Waldo (1965): administration is a type of cooperative human effort that has a high degree of rationality.
  • Herbert Simon (1959): adm. can be defined as the activities of groups cooperating to apocalypse common  ...
  • Luther Gulick: adm. has to do with getting things done, with the accomplishment of defined objectives. (adm. berkenaan dengan penyelesaian hal apa yang hendak dikerjakan dengan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan)

KONSEP ADMINISTRASI PUBLIK
  • Menurut Felix A. Nigro (1970:21); "public administration is a cooperative group effort in public setting" (adm. publik adalah suatu kerja sama kelompok dalam lingkungan pemerintahan).
  • Menurut Prajudi Atmosudirjo (1982:272): adm. publik adalah adminitrasi dari negara sebagai organisasi dan administrasi yang mengejar tercapainya tujuan yang bersifat kenegaraan.
  • Edward H. Litchfield (1956) adm. publik adalah suatu studi mengenai bagaimana bermacam-macam badan pemerintahan diorganisasikan, diperlengkapi dengan tenaga-tenaganya yang dibiayai, digerakkan dan dipimpin.
  • Dwight Waldo (1955): adm. publik adalah manajemen dan organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah (The Study of Public Administration).
  • Marshal E. Dimock, Gladys O. Dimock dan Louis W. Koenig (1960): adm. publik adalah kegiatan pemerintah di dalam melaksanakan kekuasaan politiknya, (dalam bukunya Public Administration).
  • George J. Gordon: adm. publik dapat dirumuskan sebagai seluruh proses baik yang dilakukan organisasi maupun perseorangan yang berkaitan denga penerapan atau pelaksanaan hukum dan peraturan yang dikerluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta pengadilan.
  • \Stephen K. Bailey (1968). adm. negara adalah menyangkut perkembangan empat macam teori:1. teori deskriptif, 2. teori normatif, 3. teori asumtif, 4. teori instrumen. (dalam bukunya Objective of theory of public administration).
to be continued.......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar